Mesin Toyota Kijang 1.5 Mati Mendadak

Bismillah

Assalamu’alaikum

Pagi ini di pinggiran kota Kebumen turun hujan gerimis, langit tampak muram & cuaca terasa sejuk 🙂 . Waktu yg tepat untuk sekedar menulis sesuatu ketika turun hujan gini hehe 🙂 .

Kali ini saya akan menulis tentang pengalaman saya saat mengemudikan mobil tua Toyota Kijang 1500 cc yg mati mendadak 2 kali. Kejadian pertama mati mendadak saat pulang dari rumah Simbah di kota & pulangnya mengalami mati mesin serta kelistrikan. Saat kondisi jalan tiba2 engine off lalu saya menepi, eh beberapa saat kemudian kelistrikan di dashboar on lagi & engine bisa hidup lagi.

180620142762
engine tua, extra maintenance

Kejadian engine off selanjutnya terjadi saat perjalanan pulang dari Jogja & sudah dekat rumah, saat itu hujan sangat lebat & tiba2 engine mati total beserta kelistrikannya. Alhasil mobil diderek pulang setelah Bapak saya datang menjemput dengan mobil Suzuki Carry 1.0 pinjaman. Dengan adanya 2 kejadian mati mesin ini kemudian saya mencoba untuk segera merepairnya.

Saya heran dengan mobil saya ini karena setahu saya semuanya sehat, aki masih baru, platina juga baru. Setelah saya coba gerak-gerakan rumah sekeringnya yg agak kendur eh ternyata berpengaruh pd kelistrikan mobilnya. Saat saya coba gerakin sekeringnya saat itu kelistrikan on & saat saya gerakin ke arah sebaliknya tiba2 kelistrikan off semua. Akhirnya penyebab matinya mesin Kijang saya ini terkuak & hanya karena masalah rumah sekering yg kendur. Saya bawa deh ke mekanik langganan saya di desa sebelah & rumah sekering dikencangkan beserta kabelnya2 agar tak mudah berubah dudukannya & Alhamdulillah hingga sekarang problem engine shutdown tak terjadi lagi.

Demikian tulisan singkat tentang problem engine shutdown di mobil Toyota Kijang saya, see you next time 🙂

Wassalamu’alaikum

 

Tinggalkan Balasan

