Kisah Rider Gagal Cornering

Bismillah

Assalamu’alaikum

Kejadian ini terjadi beberapa tahun lampau tapi sepertinya sudah agak lama & terjadi saat saya dalam perjalanan touring gila ke Jakarta mengendarai scooter Yamaha Mio. Perjalanan pulang saat itu  lagi2 saya lupa berada di daerah mana, mungkin di jalanan daerah setelah Ciamis atau Tasik yg jalannya di pegunungan gitu. Karena jalan yg naik turun & full tikungan maka menjadikan saya bergaya riding cornering seperti rider MOTOGP meski menggunakan motor Yamaha Mio & tak serebah pembalap beneran saat corneringnya.

190820111182
Yamaha MIO Cornering

Mengingat ban motor Yamaha Mio yg ukurannya kecil gitu serta resiko lain maka saya sangat hati2 corneringnya, yang penting bisa stabil masuk-keluar tikungan & jangan sampai terjadi accident beneran. Perjalanan saat itu pun terasa menyenangkan karena meski jalan full tikungan masih bisa kita optimalkan speednya sehingga waktu perjalanan bisa terpangkas meski beberapa menit saja hehe. Geser pantat & condongkan tubuh ke kanan kiri sambil out-in bila jalanan safe, Cornering-corneringan pun saya lakukan hingga nanti ada seorang rider bocah sekolah yg riding motor bebek ngajak balapan saya hehe.

Saat itu jalanan mayan ramai & saya masih cornering mode dg speed biasa saja. Dari spion saya lihat ada bocah sekolah yg buntutin saya & mendahului saya dg kencang. Sebagai rider yg baik di jalanan saya riding & silahkan bagi pengendara jalan yg lain overtake saya karena toh jalanan bukan punya saya hehe.  Tetapi bila ada pengendara di depan yg laju pelan maka saya akan overtake karena prinsip saya saat touring yaitu saya akan optimalkan speed  dg full safety. Begitu pula dg rider anak sekolah tadi, selepas overtake saya overtake balika karena rider tsb saya rasa pelan & menghalangi laju saya. Perlu diingat di jalanan saat itu saya masih cornering mode, hingga suatu saat saya diovertake lagi oleh rider anak sekolah tersebut di sebuah tikungan tajam ke kiri yg jelas kita tak bisa melihat jalan lawan arah di depan pas tikungan tsb. Yang membuat saya geleng-geleng & terpana yaitu saat momen rider tsb overtake saya dg gaya cornering yg mungkin meniru gaya saya padahal sebelumnya rider sekolah tersebut bila overtake saya tak pake cornering gitu.

Sebelum masuk tikungan tajam kiri saya di overtake oleh rider yg bergaya cornering & tak diduga cornering si rider sekolah ternyata IN nya sangat melebar karena dekat dengan marka tengah & hampir melewati jalan lawan arah pas tikungan. Otomatis karenya corneringnya masuk dekat marka jalan maka tentu saja nanti OUTnya melebar ke jalan lawan arah.  Nah, sembari melihat rider sekolah yg melebar saat OUT saya melihat tepat di jalan lawan arah di depan rider tadi ada bus atau truk yg melaju mayan dekat,so seketika itu rider sekolah tadi kaget karena melihat ada BUS/TRUK di lawan arah sedangkan dia melebar masuk ke jalan lawan arah. Saya lihat rider tersebut menurunkan kaki kirinya sambil mengerem keras agar tidak masuk ke jalan lawan arahnya. Saya lihat sepintas di spion sepertinya rider sekolah tadi Alhamdulillah selamat & tidak terjadi accidenta karena cornering failednya tadi. Akhirnya saya lanjut fokus riding lagi pulang karena tujuan masih jauh & cornering mode stop setelah keluar dari pegunungan.