How to Enable Touchpad Laptop (LMDE LXDE)

Bismillah

Assalamu’alaikum

Karena keterbatasan memori laptop yg hanya 1 GB mengakibatkan tersendatnya kerja Linux LMDE Cinnamon, bahkan berulangkali hang karena overwork. Oleh sebab itu saya menggunakan solusi memakai DE yg ringan yaitu LXDE, solusi selain itu yaitu upgrade memori.

Screenshot from 2017-04-18 20:44:30

Setelah memasang lxde packages lalu sempat juga mengalami problem tak bisa masuk ke session lxde & mungkin karena mdm yg error tapi Alhamdulillah bisa teratasi. Problem lain yg saya dapati yaitu tak aktifnya touchpad laptop saya 7 saat saya cari di pengaturan lxde ternyata tak ada feature untuk setting touchpad, so akhirnya saya browsing & Alhamdulillah ada solusinya di sini.

Saya praktekan cara tsb dg cara membuat direktori di /etc/x11/xorg.conf.d tentunya dg root acces lalu saya buat config synaptics.conf  di direktori xorg.conf.d.  Pada konfigurasi synaptics.conf  saya copy script dari web tadi lalu save kemudian logout. Setelah login kembali, touchpadpun bisa dipakai lagi hehehe 😀

 

Tinggalkan Balasan

