Mesin Toyota Kijang Selalu Pincang?

Bismillah

Assalamu’alaikum

Bagi pengguna mobil tua seperti saya adalah hal yang sangat wajar mondar mandir ke bengkel untuk memperbaiki mobil  yang ada saja masalahnya karena memang semakin tua usia maka semakin banyak parts yang tua juga sehingga membuat kinerja mesin tak perfect lagi.

Adapun salah satu masalah yang selalu terjadi pada mesin mobil Toyota Kijang 1.5 milik kami ini yakni mesin hidup dalam keadaan pincang langsamnya, sepintas seperti ada busi yang mati gitu.

Mesin yang pincang membuat jalan mobil tersendat dan terasa sangat tidak enak dan nyaman. Malah seperti naik kuda beneran karena jalan yang tersendat tersebut karena bersumber dari mesin yang tua.

Berbagai mekanik telah saya datangi dan berbagai cara telah saya tempuh semisal mengganti busi, ganti koil, ganti platina dan lainnya namun hasilnya selalu mengecewakan karena masih tetap pincang. Karena tak kunjung sembuh pincang tersebut membuat saya menyerah untuk repair mobil kami dan saya biarkan saja hingga beberapa bulan dengan mesin yang pincang.

Alhamdulillah dari info teman saya, saya dapati mekanik yang ternyata masih muda dan tetangga jauh saya. Dengan harapan yang agak tipis saya bawa mobil ke beliau, sempat kaget karena karburator kijang saya hendak direbus hehe. 

Sebelum proses perebusan karbu, mekanik mengecek busi, koil serta platina orisinil. Saya tak bisa mengikuti proses repair secara full karena saya ada perlu sehingga saya tinggal mobilnya. 

Hasil kerjaan mekanik muda ini tampak memuaskan karena mesin mobil tak pincang lagi dan asap knalpot tak berasap tebal. Mekanik berkata bahwa problem ada di karburatornya dan spuyer diganti ukuran besar. Mekanik tersebut juga berkata bila ingin throttle pedal responsif maka harus mengganti parts delco karena bagian vakum delco mobil saya dah aus sehingga asupan bensin saat di injak spontan agak mbrebet sedikit namun tak masalah karena nyala mesin tidak pincang.

Jadi kesimpulannya bila mesin pincang bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi apabila semua parts sdah kita ganti dan masih pincang maka patut kita curigai karburatornya yang aus atau banyak endapannya sehingga perlu direbus biar hilang keraknya.

Demikian langkah panjang repair mesin pincang  di mobil tua kami, semoga bisa diambil hikmahnya amiiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s