Mesin Toyota Kijang Selalu Pincang?

Bismillah

Assalamu’alaikum

Bagi pengguna mobil tua seperti saya adalah hal yang sangat wajar mondar mandir ke bengkel untuk memperbaiki mobil  yang ada saja masalahnya karena memang semakin tua usia maka semakin banyak parts yang tua juga sehingga membuat kinerja mesin tak perfect lagi.

Adapun salah satu masalah yang selalu terjadi pada mesin mobil Toyota Kijang 1.5 liter kami ini yakni mesin hidup dalam keadaan pincang langsamnya, sepintas seperti ada busi yang mati.

Mesin yang pincang membuat jalan mobil tersendat dan terasa sangat tidak nyaman. Rasanya seperti naik kuda beneran karena laju mobil yang ajrut-ajrutan karena bersumber dari mesin yang tua.

Berbagai mekanik telah saya datangi dan berbagai cara telah saya tempuh semisal mengganti busi, ganti koil, ganti platina dan lainnya namun hasilnya selalu mengecewakan karena masih tetap pincang. Karena tak kunjung sembuh pincang tersebut membuat saya menyerah untuk repair mobil dan saya biarkan saja hingga beberapa bulan dengan mesin yang pincang.

Alhamdulillah, dari info teman, saya dapati mekanik yang ternyata masih muda dan tetangga jauh saya. Dengan harapan yang agak tipis saya bawa mobil ke beliau, saya sempat kaget karena karburator kijang saya hendak direbus.

Sebelum proses perebusan karbu, mekanik mengecek busi, koil serta platina orisinil. Saya tak bisa mengikuti proses repair secara full karena saya pergi sehingga saya tinggal saja mobilnya.

Hasil kerjaan mekanik muda ini tampak baik karena mesin mobil tak pincang lagi dan asap knalpot tak berasap tebal. Mekanik berkata bahwa problem ada di karburatornya dan spuyer diganti ukuran besar.

Mekanik tersebut juga berkata bila ingin tarikan responsif maka harus mengganti delco karena bagian vakum delco mobil saya aus sehingga asupan bensin saat di injak spontan agak mbrebet dan laju mobil tertahan beberapa detik.

Jadi kesimpulannya bila mesin pincang bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi apabila semua parts sudah kita ganti dan masih pincang maka patut kita curigai karburatornya yang aus atau banyak endapan pada karburator sehingga perlu direbus biar hilang keraknya.

Sekian dan Wassalamu’alaikum

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s