Sensor Injeksi Vario 125 Rusak!

Bismillah

Assalamu’alaikum

Salah satu kendaraan mobilitas kami yaitu si besar Vario 125, meski memiliki bodi besar tetapi konsumsi bensinnya irit dibanding motor sebelah yang kebalikannya.

Selama memakai Vario 125, jujur saja ada masalah yang sangat terasa yaitu tak responsifnya throttle gas saat diputar diiringi mbrebet pada mesinnya.

Mbrebetnya mesin Vario 125 pernah saya keluhkan pada mekanik ahass dan hasilnya belum terselesaikan. Hingga akhirnya terakhir service di ahass terbongkar penyakit mbrebet Varionya.

Salah seorang mekanik berkata bahwa mbrebet tersebut terjadi karena sensor yang berada di injeksi telah aus dan bisa dipastikan sensornya karena mekanik telah mencoba berbagai perubahan mapping dan di gas putaran tinggi masih mbrebet juga.

Akhirnya saya tanya pada mekanik tentang perkiraan harga parts sensor injeksi yang mencapai Rp. 400 ribuan!

Tentu saja saya harus menabung dulu, toh belum wajib diganti karena Vario masih bisa dipakai harian meski bila di gas spontan ada gejala mrebet dulu.

Sampai lupa penyebab rusaknya sensor injeksi belum saya tuliskan. Setelah saya ngobrol dengan mekanik,penyebab rusaknya sensor bisa dikarenakan oleh 

  • Masuknya minyak saat proses injektor
  • Masuknya air bertekanan tinggi yang dimungkinkan saat mencuci motor di steam

Nah penyebabnya ketahuan kan karena semprotan di cucian motor sangat kencang pada injeksi yang tidak tertutup sehingga masuklah air ke dalam sensornya.

Perlu kita tahu bahwa injeksi adalah parts yang tergantung oleh listrik dan ecu. Kelistrikan dan bagian2 elektroniknya tentu saja musuh abadi air sejak dulu dan bila fight akan terjadi korslet kan?

Dari uraian saya di atas bisa ditarik kesimpulan bahwasanya tidak terlarang mencuci motor di steam, hanya saja perlu kita tutup bagian injeksinya agar tidak terkena oleh air. Kalau sampai kena maka bisa bernasib seperti saya ini.

Sekian

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Sensor Injeksi Vario 125 Rusak!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s