Fitur Wajib Tambahan Motor

Bismillah

Assalamu’alaikum

Melihat perkembangan otomotif akhir-akhir ini terutama pada sektor sepeda motor sangatlah drastis. Masih teringat dulu saat produsen motor hanya bermain warna stripping warna motor & sekarang semua pabrikan berani mengeluarkan motor seharga ratusan juta rupiah.

Dari berbagai produk sepeda motor dengan berbagai versi dan harganya masing-masing, berbagai fitur disematkan semisal full abs, gear shifter, auto launch, drl light dan lainnya.

Berbagai fitur yang saya sebutkan di atas adalah fitur tambahan motor yang dapat kita temukan di sepeda motor yang memiliki kasta tinggi dan tidak kita temukan di motor yang ‘ekonomis‘. Tapi bagi rider yang pengguna motor ekonomis  seperti saya bisa kok menambahkan fitur canggih tentunya dengan melakukan modifikasi di toko bangunan terdekat.

Sempat berpikir lama tentang fitur tambahan yanga baiknya ada di semua motor di Indonesia menurut opini saya. Berbagai fitur ini saya fikir sangat pantas diaplikasikan karena memang ada gunanya bagi rider di negara kita.

Fitur tersebut antara lain

 

  • Engine cut off  

Salah satu fitur penting dan diperlukan oleh banyak rider karena sangat merepotkan untuk mematikan mesin dengan memutar kunci kontak saat berhenti sebentar misalnya & cukup tekan engine cut off.

  • Idling stop

Fitur ini baru saja booming dan dipakai di salah satu motor matik Jepangan. Fitur ini sangat berguna bagi rider yang berkeinginan untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar dengan auto off engine saat berhenti sebentar di traffic light.

Tak perlu lagi menekan engine cut off atau memutar kunci kontak karena sensor bekerja otomatis mematikan mesin saat idle beberapa detik. So, konsumsi bahan bakar dapat diminimalisir dengan maksimal.

  • Speed limiter mode

Nah ini nih fitur yang cuma ada di motor mahal, fitur ini berguna untuk mengatur output power sesuai keinginan ridernya agar motor bisa dikendalikan sesuai dengan kondisi jalannya.

Di motor mahal biasanya ada mode sport, urban atau rain mode. Setiap mode riding tersebut akan membatasi power motornya gitu.

Akan tetapi mode limiter yang saya maksudkan yanga sesuai dengan peraturan di negara kita yakni ada 3 mode riding yakni

MODE A untuk luar kota dengan limiter 80 kph

MODE B untuk dalam kota dengan limiter 50 kph dan

MODE C untuk di permukiman dengan limiter 30 kph

Dengan adanya ketiga mode riding tersebut maka diharapkan safety akan bertambah dan meminimalisir kecelakaan.

Pun bagi polantas akan menjadi mudah dalam menindak pelanggaran karena bila ada rider yang lari melebihi limiter maka akan segera ditndak.

  • Outlet listrik

Fitur penting bagi seluruh masyarakat digital saat ini dan hanya terdapat di motor touring mahal. Siapa sih yang tidak perlu charger baterai saat riding motornya?

  • Wireless Key

Fitur wireless key saat ini diadopsi oleh Suzuki GSX 150 dan juga terdapat di motor mahal. Selain untuk keamanan juga membuat mudah ridernya karena tak perlu mengeluarkan kunci dari saku lalu memasukan anak kunci yang sangat merepotkan. Belum lagi bila anak kuncinya patah atau hilang.

Demikian fitur tambahan yang perlu ada di sepeda motor menurut saya, sebenarnya ada lagi fitur lain tetapi belum terlalu penting yaitu fitur lampu hazard dan ban serep seperti vespa.

Sekian dulu tulisan kali ini, hanya sekedar bermimpi selagi free.

2 tanggapan untuk “Fitur Wajib Tambahan Motor

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s