Lampu Dekat Kijang Mati

Bismillah

Assalamu’alaikum

Akhir-akhir ini saya mengalami problem saat driving Kijang saat malam hari yakni terkadang lampu dekat mati secara tiba-tiba. Anehnya meski lampu utama dekat mati tapi lampu jauh dan dim masih menyala, lagi saya sebagai orang awam pun bingung kenapa ini bisa terjadi.

Secara otodidak layaknya montir senior, saya coba bongkar dan ganti sekering yang sudah jelek. Saat saya coba lampu dekatnya kembali normal tetapi setelah beberapa lama kok mati lagi, bukan dari sekering sepertinya.

Lalu pada suatu malam saya coba nyalakan lampu dekatnya yang mati, sekering saya goyang-goyang karena khawatir ada yang kendur dan hasilnya tetap mati. Kemudian saya coba buka kap mesin Kijang dan saya lihat sesuatu yang janggal.

Sesuatu yang janggal itu adalah berubahnya posisi accu karena memang hanya diikat oleh kawat sebagai penahannya. Adapun penahan accu aslinya sudah keropos dudukannya sehingga batang besi penahan accu tak bisa dipasang.

Karena hanya diikat seadanya membuat geser posisi accu ke arah depan dan mendorong komponen dari lampu depan. Komponen tersebut semacam kotak relay yang mungkin kendur setelah terdorong oleh accu tersebut.

Kebetulan saya menemukan cable  tie dan saya ikat kabel berikut kotak relaynya agar menjauh dari accu. Saya maksudkan dijauhkan dari accu agar nanti tidak berubah kendur terdorong accu.

Saya test lampu dekat dan Alhamdulillah menyala, problem solved deh.

2 tanggapan untuk “Lampu Dekat Kijang Mati

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s