Bismillah
Assalamu’alaikum
Akhir-akhir ini saya mengalami problem saat driving Kijang saat malam hari yakni terkadang lampu dekat mati secara tiba-tiba. Anehnya meski lampu utama dekat mati tapi lampu jauh dan dim masih menyala, lagi saya sebagai orang awam pun bingung kenapa ini bisa terjadi.
Secara otodidak layaknya montir senior, saya coba bongkar dan ganti sekering yang sudah jelek. Saat saya coba lampu dekatnya kembali normal tetapi setelah beberapa lama kok mati lagi, bukan dari sekering sepertinya.
Lalu pada suatu malam saya coba nyalakan lampu dekatnya yang mati, sekering saya goyang-goyang karena khawatir ada yang kendur dan hasilnya tetap mati. Kemudian saya coba buka kap mesin Kijang dan saya lihat sesuatu yang janggal.
Sesuatu yang janggal itu adalah berubahnya posisi accu karena memang hanya diikat oleh kawat sebagai penahannya. Adapun penahan accu aslinya sudah keropos dudukannya sehingga batang besi penahan accu tak bisa dipasang.
Karena hanya diikat seadanya membuat geser posisi accu ke arah depan dan mendorong komponen dari lampu depan. Komponen tersebut semacam kotak relay yang mungkin kendur setelah terdorong oleh accu tersebut.
Kebetulan saya menemukan cable tie dan saya ikat kabel berikut kotak relaynya agar menjauh dari accu. Saya maksudkan dijauhkan dari accu agar nanti tidak berubah kendur terdorong accu.
Saya test lampu dekat dan Alhamdulillah menyala, problem solved deh.
Mobil tua emg kelistrikannya rawan,
SukaSuka
Adalah benar,tak hanya kelistrikan tapi semuanya juga sudah rawan aus sebenarnya
SukaSuka