Test Ride Singkat Kawasaki Versys Touring

Bismillah

Assalamu’alaikum

Saya terkejut saat membaca postingan seseorang di wall grup FB yang intinya sebuah penawaran test ride motor Versys versi Touring &  sering saya lihat foto Versysnya di blogger papan atas. Tak lain tak bukan tawaran test ride tadi berasal dari dealer motor Kawasaki di kota kami Kebumen yakni dealer Kawasaki Sentral Kebumen.

Tak mau membuang kesempatan langka ini, saya langsung kirim comment pada mbak Novita yang beliau sendiri adalah sales dari Kawasaki Sentral Kebumen

Perfect?

Saya ingin memastikan pada mbak Novita apakah benar test ride Kawasaki Versys X Touring ini benar adanya dan direspon dengan cepat oleh beliau bahwasanya memang ada sesi test ride Kawasaki Versys X Touring yang memang baru pertama kali diadakan acara test ride seperti ini. Saya pun mengirim reply pada mbaknya bahwa saya segera ke tkp untuk test ride hehe.

Membayangkan akan riding motor mahal & tinggi, saya mempersiapkan diri saya dengan makan siang dulu lalu membulatkan tekad serta memastikan gadget Android saya masih ada powernya untuk foto nanti. Di iringi awan mendung hampir hujan, saya segera ke kota menuju dealer Kawasaki Sentral Kebumen.

Tiba di dealer tersebut, saya melihat Kawasaki Versys X Touring di depan &  mungkin memang sudah dipersiapkan untuk test ride. Sosoknya yang tinggi besar dengan box kanan kiri membuat nyali saya mengecil & bengong beberapa saat. Hampir saja saya membatalkan test ride karena rasa takut yang bercampur grogi melihat motor adventure yang mahal. Tapi kemudian saya beranikan diri karena tentu saja kesempatan langka bisa riding Versys.

Saya disapa dengan ramah oleh sales officer mbak Restu Yuli & saya langsung to the point mau test ride, kami berbincang sebentar sembari saya mengisi kuisoner dan menyerahkan KTP & SIM C. 

Jinjit? No problem

Mbak Yuli berpesan bahwasanya test ride perdana Versys ini mengambil rute jalan yang sangat pendek sembari menyuruh mekaniknya menyalakan mesinnya yang sangat halus. Selain itu juga beliau berpesan agar saya hati-hati ridingnya qiqi.

Setelah saya memakai riding gear alakadar dan berpesan pada mbaknya untuk foto saya sebentar, saya menaiki Versys Touring ini meski agak susah karena kaki harus direntangkan lebar karena ada side box. Saya coba tegakkan Versys X dengan mudah meski sangat jinjit tetapi masih dalam batas aman.

Posisi duduk nyaman meski joknya keras, terasa seperti riding motor sport karena tangkinya besar & dashboard yang mudah dilihat oleh rider. Tampak ada takometer, digital speedometer, gear position, power outlet &  lainnya saya lupa. Posisi setang tinggi seperti motor trail KLX dengan tombol yang umum seperti motor lain. 

Saya mencoba tarik tuas kopling yang sangat ringan tetapi setelannya terlalu jauh, dilengkapi juga dengan handguard di setangnya. Suara dari exhaustnya sangat halus meski digeber rpm tinggi, pindah gear sangat mudah & ringan. Malahan saya sempat bingung cari pedal persnelingnya karena saya terbiasa memakai BSA yang berada di kanan tuas persnelingnya, saya injak tuas kanan kok rem hihi, ternyata sebelah kiri tuasnya ckck.

Selesai test ride

Mulai riding Versys Touring di jalanan, saya coba geber tiap gear hampir redline untuk mengetahui seberapa panjang nafas mesin 2 silinder ini & ternyata pendek rasionya. 

Pada gear rendah saya coba geber hingga sekitar 6000 atau 7000 RPM terdengar mesin sudah meraung tinggi &  minta shiftgear lebih tinggi. Pun sama pada gear berikutnya saat saya coba geber hampir redline tak bisa saya lakukan karena pada RPM 6000 atau 7000 mesin sudah meraung dan seperti mentok powernya.

Saya juga mencoba seberapa cepat akselerasi Versys di jalan lurus dengan geber mendadak dimana saya mencapai speed 70 kph pada gear 3 dalam waktu yang agak lama. Selain itu saya coba shiftgear hingga gear 6, tak terasa tersendat saat RPM rendah memakai gear tinggi.

Pengendalian Versys Touring ini sebenarnya nyaman, hanya saja kok saya merasa berat saat bermanuver zig-zag. Apakah karena dimensi motornya yang besar tinggi atau karena penggunaan roda depan 19 inchi atau mungkin saya belum terbiasa aja kali ya.

Pada bagian pengereman tak ada masalah bahkan saya hanya memakai rem depan ABS, rem dikit motor berkurang lajunya berikut memanfaatkan engine brake. 

Akhirnya tiba akhir test ride meski tidak puas karena tidak bisa mencoba suspensinya, kembali ke dealer disambut mbak Yuli lagi & diberondong berbagai pertanyaan hasil test ride.

Seperti motor rally paris dakkar

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari test ride singkat ala orang desa yaitu Kawasaki Versys Touring ini bagus semuanya, hanya saja kurang nyaman dipakai bila rider tak tinggi seperti saya yang 161 cm sangat jinjit tetapi masih bisa kok bawa Versysnya. Versys yang bertujuan untuk adventure mungkin memang ciri khasnya rasio pendek-pendek meski 2 silinder, untuk speed agak kurang galak kali ya?

Test ride sudah lalu di penghujung tulisan ini saya ucapkan terima kasih pada dealer Kawasaki Muncul Kebumen yang telah memberi saya kesempatan langka ini, pada mbak Novita & mbak Yuli atas keramahannya melayani saya yang hanya test ride dan tak membelinya hehe.

Terakhir, bagi teman-teman yang ingin bertanya tentang motor Kawasaki di Kebumen atau hendak buy maka silahkan kontak mbak Restu Yuli di 

087732653592| 081327788011

Sekian & Wassalamu’alaikum

4 tanggapan untuk “Test Ride Singkat Kawasaki Versys Touring

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s