Cerita Tentang Mutasi Mobil 

Bismillah

Assalamu’alaikum

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban rakyat Indonesia yang memiliki kendaraan bermotor dan menggunakan jalan raya untuk mobilitasnya. Dengan kata lain bila kita tak membayar pajak maka tentu saja akan melanggar hukum dan pasti ditindak tegas bila ada razia di jalanan .

Berkas Mutasi


Membayar pajak kendaraan sekarang sudah agak mudah karena tak memerlukan BPKB untuk membayar pajak tahunan dan hanya diperlukan bila kita hendak membayar pajak 5 tahunan, balik nama atau mutasi. Adapun KTP asli yang sesuai dengan STNK masih diperlukan saat bayar pajaknya.

Mobil Kijang saya berasal dari kota Banjarnegara dan telat bayar pajak selama 2 tahun, tentu saja bila bayar pajak harus bayar di kota Banjarnegara dan harus pinjam KTP pemilik Kijang terdahulu. Kebetulan STNK perlu diperpanjang 5 tahunan maka sekalian saja dimutasi ke Kebumen agar tidak ribet di masa depan.

Mobil tua, biaya mutasi sama

Langkah pertama untuk proses mutasi mobil yakni menyiapkan uang yang nominalnya berkisar 5 jutaan rupiah. Uang tsb saya pakai untuk bayar pajak yang telat serta proses pencabutan yang memakan biaya 2 jutaaan.

Selanjutnya saya bawa mobil ke SAMSAT Kebumen untuk gesek nomor mesin dan rangka dengan biaya gratis, kemudian nanti kertas gesekan tsb akan dilampirkan dengan berkas lain dalam stopmap untuk kita bawa ke SAMSAT Banjarnegara atau SAMSAT asal kendaraan. Jadi kita tak perlu bawa kendaraan kita ke SAMSAT asal kendaraan dan bisa kita gesek di SAMSAT di kota kita tinggal.

Kita bawa seluruh berkas ke SAMSAT yang dituju dalam hal ini saya bawa ke SAMSAT Banjarnegara dan kita serahkan ke bagian pendaftaran dan nanti diproses dalam waktu agak lama. Oleh karena lamanya proses mutasi ini maka kita harus berangkat pagi sekali ke SAMSAT asal kendaraan.

Di SAMSAT Banjarnegara saya dikenakan biaya pajak yang telat dan proses pencabutan sebesar Rp. 250 ribu. Total biaya sekitar Rp. 2 jutaan dan mungkin bisa lebih murah bila tak telat pajaknya. Kemudian saya disuruh menunggu proses mutasi sekitar 1-2 bulan dan saya diberi surat pengganti STNK agar mobil bisa dipakai di jalan.

Satu bulan lebih berkas mutasi dari SAMSAT Banjarnegara sudah jadi lalu saya mengambilnya agar bisa diproses segera di SAMSAT Kebumen. Berkas yang tebal saya masukan ke  SAMSAT Kebumen dan menunggu proses verifikasi selama 2 hari. Verifikasi berhasil lalu lanjut ke pembayaran pajak tahun sekarang serta biaya penerbitan BPKB Rp. 575 ribu untuk mobil. Total biaya saya keluarkan sekitar hampir Rp. 2 jutaan dan BPKB jadi sekitar 6 bulan.

Kesimpulan proses mutasi yakni memang perlu menyiapkan banyak uang dan harus setia menunggu beberapa bulan untuk prosesnya. Agar biaya minim maka bisa seperti saya yakni mengurus semuanya sendiri tanpa perantara, lagian prosesnya juga sudah mudah sekarang kok.

Enaknya setelah dimutasi tentu saja kita bayar pajaknya jadi dekat rumah dan nama pemilik di stnk adalah nama kita sendiri. Harga mutasi kendaraan memang mahal oleh karena itu bila membeli kendaraan mending beli kendaraan plat lokal saja biar ga keluar banyak biaya nantinya.

Sekian

2 tanggapan untuk “Cerita Tentang Mutasi Mobil 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s