Mencoba Chevrolet Aveo M/T 2003

Bismillah

Assalamu’alaikum

Alhamdulillah kali ini saya bisa mencoba mobil city car merek Chevrolet Aveo tahun 2003 dengan transmisi manual 1500 cc.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 7.56.42 AM

Melihat sekilas, Aveo ini memiliki postur yang mungil layaknya Hyundai Atoz. Namun bila melihat ke dalam sangat terasa kabin yang luas dengan dashboard yang landai. Menurut saya desain dasboardnya bagus dengan petunjuk jam di tengah dan pengaturan AC & radio berada di bawahnya.

Di depan mata pengemudi terhampar tampilan speedometer, takometer yang mudah dibaca. Hanya saja yang membuat saya kaget adalah posisi tuas wiper & lampu sign yang terbalik, saat saya coba nyalakan lampu sign dengan geser tuas kanan eh malah wiper depan bergerak.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 8.13.57 AM (1)

Hal yang berbeda dari Aveo ini yakni posisi gear transmisi yang berbeda pada posisi gear mundur atau R. Posisinya  gear mundur ini ada di gigi 1 tetapi sebelum dipindah harus mengaktifkan knop di tongkat pernelingnya dengan menariknya ke atas lalu dipindah ke gear 1.

Untuk mengatur posisi kaca spion juga berbeda dengan mobil lain yang umumnya menggunakan elektrik namun Aveo ini settingnya sama seperti Hyundai Atoz yakni mengatur kaca spionnya dengan menggeser tuas yang berada di pilar A.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 8.13.57 AM

Untuk kursi pengemudi juga nyaman & empuk, mudah diatur namun saya tak tahu apakah bisa di naik turunkan seperti CRV. Steer juga terasa nyaman digenggam meski ukuran steernya kecil.

Saat mesin hidup terdengar suara mesin yang masuk ke dalam kabin, mungkin perlu dipasang peredam tambahan di kap mesin agar suara mesin tak terdengar.

Pedal gas Aveo ini sangat responsif & sensitif karena sedikit aja diinjek paka jempol kaki langsung rpm naik spontan.

Bentuk tongkat persneling seperti permen Lollypop dengan ujung yang bundar, perpindahan gear terasa enteng dan tak ada masalah.

Injak pedal kopling yang ringan lalu masuk gear 1 & berjalan perlahan, tak ada gejala endut-endutan meski berjalan pelan. Kemudian saya coba tarik ke rpm tinggi dan Aveo langsung berlari kencang.

Saya rasakan power Aveo ini sangat enak & berbeda dari mobil kecil yang pernah saya coba seperti Sirion, Jazz atau Atoz. Aveo ini terasa sangat kencang & nyaman, sepertinya untuk jarak jauh oke.

Dengan mesin 1500 cc, Kebumen-Jogja PP menelan bensin Rp. 100 ribu pertalite, irit juga bbmnya. Hanya saja tombol klakson agak kurang oke karena untuk menyalakan klakson harus menekan keras tombol yang letaknya di tengah steer.

Demikian pengalaman saya saat mencoba Chevrolet Aveo ini, Wassalamu’alaikum

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s