Waktunya Hard Drive Laptop Lenovo G450 Pensiun

Assalamu’alaikum,

Tak hanya ASN yang memiliki masa pensiun bekerja, namun hardware laptop saya pun memiliki masa rentang hidupnya sebelum beristirahat dengan tenang.

Bermula saat di siang hari saya online seperti biasa, saya tinggal laptop dalam keadaan hidup untuk melakukan ibadah dzuhur. Sekembalinya saya lihat laptop dalam tampilan verbose mode dan menampilkan error pada bagian SATA hard disknya.

Hal yang saya takutkan ternyata benar benar terjadi karena laptop sama sekali tidak mau booting ke dalam OS Linux Mint ataupun Windows 7.

Masih dengan keadaan hati berdebar debar coz data hard disk saya isinya penting semua, saya coba melakukan live cd Ubuntu dan saya coba lihat di file manager Ubuntunya, hasilnya semua partisi ntfs dan ext4 tak terdeteksi sama sekali.

Bagai disambar petir di siang hari, hancur hati ini karena isi data laptop saya sejak tahun 2010 tak bisa diakses atau malah sama sekali lenyap tak berbekas.

Saya berfikir sendiri, ternyata usia laptop Lenovo saya sudah menginjak angka 11 tahun. Lama juga ya ternyata saya memakainya dan tak saya back up datanya ckck.

Recovery hard disk sebenarnya saya bisa lakukan tapi saya perlu PC atau Laptop sehat untuk eksekusi hard disk yang error tsb. Dan untuk sementara, saya lempar ke kawan saya agar bisa recovery datanya sebisanya.

2 tanggapan untuk “Waktunya Hard Drive Laptop Lenovo G450 Pensiun

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s