Kendati Ubuntu Linux telah teruji sebagai sistem operasi yang kebal terhadap Virus, Intruder, Spyware, Trojan serta Adware maka saya tetap memasang anti virus yang tersedis di repositorinya yaitu ClamAV. Setelah berkali-kali menguji anti virus ClamAV ini & hasilnya nihil penyakit maka sayapun mencoba untuk memasang anti virus lainnya. Meskipun sangat iseng sekali dengan memasang anti virus lagi maka rasa penasaran saya akan virus di Linux Ubuntu akan terobati. Nah, pada malam ini saya akan memasang serta mencatat pemasangan anti virus baru di Ubuntu Linux.

Pada pemasangan anti virus kali ini saya mengambil anti virus bernama Avast! . Sebuah anti virus yang sudah tak asing lagi kita dengar terutama bagi pengguna Windows. Untuk menelusuri lebih jauh  tentang anti virus Avast! ini silahkan baca di sini . Untuk memasang Avast! ini mempunyai dua langkah utama yaitu

1. kita mengunduh paket deb Avast! untuk Ubuntu. Untuk mengunduh Avast! untuk Linux Ubuntu silahkan klik di sini. Adapun untuk menginstall paket ini cukup dobel klik deb Avast! yang berukuran sekitar 29 MB ini tinggal klik dua kali atau bisa dengan sudo dpkg -i. Pada saat membuka Avast! untuk pertama kalinya maka akan ditanyakan key nya, silahkan baca petunjuk di bawah ini.

Avast! Antivirus

2. kita mengisi form registrasi Avast! untuk memperoleh key nya. Key ini dibutuhkan setelah kita menginstall deb Avast! & membuka aplikasi Avastnya. Untuk mengisi form registrasi mudah kok, terus nanti kita akan dikirim keynya via email yang kita berikan. Adapun form registrasinya kita bisa isi di sini.

jangan lupa sama keynya😉

Jangan lupa, setelah pemasangannya sukses & key nya juga lulus maka kita tinggal mencoba Avast! ini di aplikasi>aksesoris>Avast! Antivirus. Silahkan berpuas-puas memindai data sampai bosan ya hahahahaha😉 .

Inspirasi dari http://www.debianadmin.com/avast-antivirus-for-ubuntu-desktop.html

3 pemikiran pada “Memasang Avast! Antivirus di Ubuntu Lucid

  1. Thanks, Gan…akhirnya Avast telah terinstal di Precise saya. Sekalian share, jika kita instal dengan double click, maka akan muncul peringatan yang intinya adalah pemberitahuan bahwa paket yang akan diinstal itu bad (kaitannya sama ukuran file). Tapi, dengan setengah nekad, saya tetap klik tombol abai dan lanjutkan. Trus, sukses, dah…tinggal copas regnum🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s