Assalamu’alaikum temanku

Di malam bulan purnama ini sembari ditemani mbak YUI, secangkir air putih dingin & snack seadanya saya menumpahkan isi hati ke blog ini. Tema curhatan saya kali ini yaitu menyangkut dengan partisi NTFS, berikut cerita mulanya.

Bermula saat saya memakai Debian Squeeze kesayangan yang belum full update, saya hendak menghapus file sampah yang terletak di partisi NTFS di Lenovo G450. Niat ingin menghapus file tersebut sirna dikarenakan Debian tidak memiliki hak akses terhadap partisi NTFS milik saya. Setelah itu saya mencoba menyalin & memindah file dari NTFS ke partisi EXT4 Debian & hasilnya yaitu gagal dengan terhormat. Proses gagalnya aktivitas delete, copy & move tersebut diiringi kemunculan warning yang intinya memang Debian have no write & excecution acces.

Dengan adanya masalah di Debian Squeeze ini membuat saya belajar lagi & Alhamdulillah saya temukan solusinya, berikut caranya. Oh iya, masalah ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Debian Squeeze yang memiliki partisi NTFS untuk storage data selain EXT4.

– hubungkan Debian Squeeze dengan internet

– buka Synaptic Package Manager, lalu install paket berikut

ntfsprogs

ntfs-3g

ntfs-config

disk-manager

-pastikan semuanya terinstall di Debian Squeeze

Penjelasan

Buka disk manager di System>Administration>Disk Manager, isi password lalu muncul jendela disk manager. Berilah tanda centang pada enable write support, lalu close. Debian Squeeze siap melakukan perbuatan apapun terhadap  NTFS😀

Disk Manager

7 pemikiran pada “Membuat Debian Squeeze memiliki akses di partisi NTFS

  1. xixixiii tak pikir masbro ini kalonger, gak kenal ngantuk…
    Btw Crunchbangku dah bisa baca tulis ntfs tapi kenapa malah blankonnya ga kebaca yah? :bingung

Tinggalkan Balasan

