Error Copy-Paste in LMDE Cinnamon

Bismillah,

Assalamu’alaikum…

Kemarin saya mencoba untuk back up data di laptop & saya copy ke HD eksternal melalui OS Linux Mint Debian Edition. Besarnya data yg nak saya salin mungkin sekitar hampir 100 GB ke dalam HD eksternal. Proses penyalinan pun seperti biasa yaitu pilih file-nya lalu Copy diteruskan klik kanan di HD eksternal lalu Paste.

screenshot-from-2017-01-22-230101
Copy File via Terminal Succes 🙂

Proses copy awalnya berlangsung seperti biasa tetapi saat mencapai 300 MB kok ini laptop tiba2 hang & tak bisa dipakai lagi. Masuk command line mode pun sama yaitu hang tak bisa diproses. Jalan akhir problem hang tsb tentu saja saya hard shutdown!

Saya fikir kenapa bisa laptop linux saya bisa hang seperti itu padahal dulu bila pakai linux lain tak ada masalah. Saya fikir mungkin laptop overheating karena saya pakai non stop lalu kemudian saya coba lagi di malah hari yg suhu ruangan lebih dingin sehingga meminimalisir overheat laptop. Selain itu saya juga dekatkan laptop ke jendela yg terbuka agar terkena hembusan angin dingin yg bisa membekukan hati yg galau karena siDia 😀 .

Proses penyalinan file dilakukan di malam hari, dengan hati berdebar saya lihat bar process copy & ternyata hang lagi saat mencapai 300an MB. Saya coba ulangi lagi dg tak open activities lain jadi hanya copy saja & Qadarulloh lagi2 hang! 😛 . Lelah & bingung karena hang lagi lalu saya rehat sejenak sambil memikirkan perempuan di Amphoe Dusit sana, eh mikirin solusinya.

Beberapa waktu tenggelam dlm perenungan antara mikirin “dia” & laptop yg hang,  kemudian saya coba untuk melakukan copy di command line mode sebelum masuk GUI mode. Saat keluar MDM setelah booting lalu saya press button Ctr+Alt+F1 untuk masuk verbose mode. Sebelum itu saya masuk mode GUI sebentar  untuk mount HD eksternalnya.

Layaknya seorang admin di ruang server, saya menulis command line untuk copy file dari laptop ke HD

cp   -r    -v      /direktorifilesource/    /hdeksternaltujuan/

lalu saya press button Enter & seketika muncul proses copy dg sangat detil di layar laptop. Saya tunggu sebentar kalau nanti hang lagi & ternyata saya tunggu beberapa lama proses copy file sukses. Lalu saya juga copy file lain yg ukuranya lebih besar & Alhamdulillah prosesnya sukses tanpa hang lagi 🙂 .

Dengan demikian dpt saya ketahui bahwasanya melakukan copy file besar via GUI di LMDE Cinnamon ternyata “bermasalah”, entah apa penyebabnya i dont know of course. Sebagai solusi problem tsb maka kita lakukan proses copy atau move file via command line mode.

Sekian & see u 🙂

Wassalamu’alaikum

 

Tinggalkan Balasan

