Assalamu’alaikum Om  & Tante semua ?😀

Saat saya mengatur ulang partisi agar teratur & memasang 2 OS lain yaitu Ubuntu & PCLinuxOS, saya diberi saran dari om Anggi yaitu pembagian partisinya diatur menjadi begini dari total harddisk 160GB

– 130 GB ntfs untuk data (primer)

– 15 GB untuk Ubuntu (primer)

– 15 GB untuk distro lain (primer)

Untuk point pertama tentang 130 GB data ntfs adalah berguna untuk tempat data penting kita yang bertempat pada partisi tersendiri sehingga aman dari resiko hilang. Partisi ini jatahnya data kita, untuk install OS memakai partisi lain.

untuk poin kedua & ketiga yaitu kita atur masing-masing partisi besarnya 15GB atau sesuai kesukaan, yang penting cukup untuk menginstall distro Linux. Dalam hal ini partisi sebesar 15GB hanya digunakan untuk filesystemnya saja, tidak perlu membuat /home saat penginstallannya. Dengan partisi masing-masing 15GB adalah sangat memungkinkan untuk melakukan dual boot di komputer kita.

Saya baru menyadari bahwa susunan partisi tersebut sangat bagus terutama bagi yang suka gonta-ganti OS serta tidak memiliki harddisk eksternal. Belajar dari masa lalu saat saya mengalokasikan sebagian besar partisi harddisk untuk /home, tiba waktu ingin install OS lain mau tak mau harus pinjam harddisk ekternal untuk menyelamatkan data saya yang berdiam di /home. Dengan susunan partisi di atas saya bisa dengan bebas  memasang distro Linux tanpa repot memindahlan data karena sudah berdiam pada partisi khusus😀 .

Cara di atas sama sekali tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya sampai teman saya yaitu Om Anggi yang memberi ide tersebut.

Demikian & terima kasih😀 .

4 pemikiran pada “Inspirasi Pengaturan Partisi :D

  1. Yess pertamax!
    Lha itu no 1,2 dari bawah koq extended Om… Berarti bukan primary to?
    Kalo netbuk ane 20-10-160-8-30 bisa gonta ganti OS tanpa perlu mikir lagi…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s